Sukses

Indonesia Siapkan 30 Atlet untuk Pembukaan AG

Sedikitnya 30 atlet Indonesia dipersiapkan untuk mengikuti defile pada upacara pembukaan Asian Games ke-16 di Guangzhou, Cina. Mereka akan mengenakan pakaian adat dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Indonesia menyiapkan sedikitnya 30 atlet untuk mengikuti defile di atas perahu pada upacara pembukaan Asian Games ke-16 di Guangzhou, Cina, 12-27 November 2010. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sekretariat Kontingen Indonesia di Jakarta, belum lama ini, para atlet tersebut berasal dari berbagai cabang olahraga. Mereka akan mengenakan pakaian adat dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Upacara pembukaan dijadwalkan berlangsung di Pulau Haixinsha di Sungai Mutiara di tengah-tengah Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong yang terletak di Cina bagian selatan. Sebagaimana dinyatakan Direktur Pembukaan Asian Games ke-16, Chen Weiya, acara nanti akan berbeda dengan upacara-upacara pembukaan Asian Games atau pesta olahraga lainnya sebelumnya.

"Yang pasti upacara pembukaan nanti sangat berbeda dengan yang pernah Anda saksikan di berbagai multikejuaraan sebelumnya. Kami berharap mereka yang menonton langsung maupun yang menyaksikan lewat televisi di luar negeri, akan memberikan pujian pada inovasi kami," kata Chen sebagaimana dikutip situs resmi Asian Games 2010.

Panitia penyelenggara memperkirakan akan ada 25.000 duta olahraga dari 45 negara peserta Asian Games Guangzhou 2010. Jumlah tersebut sudah mencakup wartawan peliput kegiatan multikejuaraan olahraga negara-negara Asia ini. Kontingen Indonesia Indonesia yang berjumlah 300-an orang akan bertolak ke Guangzhou dari Jakarta pada 10 November mendatang.

Indonesia baru sekali menjadi tuan rumah, yaitu pada Asian Games Ke-4 di Jakarta pada 1962. Waktu itu Presiden pertama Ir Soekarno membangun kompleks Gelora Bung Karno di kawasan Senayan, Jakarta, sebagai tempat berlangsungnya pertandingan Asian Games itu.(IAN/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.