Sukses

Fransisca Valentina Sumbang Perunggu

Fransisca Valentina menyumbang medali perunggu bagi Indonesia melalui cabang olahraga taekwondo kelas 46 kilogram. Sementara medali emas diraih atlet Cina Taipei, Huang Hsien Yung.

Liputan6.com, Guangzhou: Indonesia kembali meraih medali perunggu dalam Asian Games XVI 2010 di Guangzhou, Cina, Rabu (17/11). Medali perunggu dipersembahkan Fransisca Valenti yang tampil di cabang taekwondo kelas 46 kilogram. Sementara medali emas diraih atlet Cina Taipei, Huang Hsien Yung, dan perak direbut Dana Touran dari Jordania.

"Senang bisa meraih perunggu karena sebenarnya saya tidak mendapat target, namun bersyukur bisa sampai di semifinal," kata Fransisca. Di semifinal, Fransisca harus mengaku keunggulan Dana Touran. "Touran sebenarnya yang terbaik di kelas ini, sehingga saya nggak kaget saat sulit melewatinya," ucapnya.

Menurut Fransisca, sebenarnya ia cukup mengimbangi Touran. Namun, karena penggunaan sensor pada body protector butuh tendangan telak, banyak tendangannya yang tak masuk hitungan. "Saya tidak terbiasa dengan body protector bersensor itu,  Banyak tendangan saya yang tak terhitung karena tak kena sensor itu," tutur Fransisca.

Hal ini menjadi pelajaran berharga bagi dirinya untuk menghadapi pertandingan-pertandingan berikutnya. Target selanjutnya, kata Fransisca, ia akan fokus untuk turun di kelas yang sama pada SEA Games 2011 di Indonesia. "Saya akan melakukan persiapan lebih keras lagi, fokus saya di SEA Games 2011 nanti. Hasil Asian Games 2010 ini bekal berharga bagi saya," tutur peraih perak SEA Games 2009 itu.

Fransisca sebenarnya tidak dibebankan target oleh PBTI maupun KONI pada Asian Games 2010, namun justru hal itu membuatnya bisa tampil lepas. Ia mengaku sempat beberapa kali melakukan variasi tendangan untuk mengimbangi Touran, namun selalu mampu diblok dengan baik. "Saya baru pertama ketemu dia, banyak pelajaran yang bisa diraih dari Asian Games ini," kata peringkat kedua Kejuaraan Taekwondo Asia 2009 itu.(ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini