Pembinaan Anggar di Daerah Dinilai Berhasil

  • Berita
  • 0
  • 18 Mei 2001 16:15
Liputan6.com, Jakarta: Pulau Jawa tak lagi mendominasi kemenangan. Buktinya, dalam Kejuaraan Nasional Anggar Kelas Yunior di Gelanggang Olahraga Bung Karno Senayan baru-baru ini, kontingen Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta -yang diunggulkan- harus bersaing ketat merebut medali. Rupanya perkembangan olahraga anggar di luar Jawa relatif pesat. Bahkan tim favorit yang umumnya berasal dari Jawa ini harus rela melepas dominasi mereka di kelas anggar tersebut.

Dua kekuatan anggar Jabar dan Jatim dalam kejurnas tahun ini memang harus berbagi medali dengan pendatang baru Kalimantan Timur dan Sumatra Selatan. Kontingen Jabar meraih juara umum pada kejurnas tahun 1999, sedangkan Jatim meraih predikat juara umum di Pekan Olahraga Nasional 2000. Para jago pedang itu diadu dalam kelas floret putra-putri, degen putra-putri, dan sabel putra.

Kehadiran atlet anggar berprestasi di sejumlah daerah di luar Jawa sebenarnya karena pembinaan serius yang dilakukan pengurus setempat. Mereka berhasil menjadikan anggar sebagai satu cabang olahraga yang dimainkan secara luas di masyarakat. Pengurus daerah yang hadir dalam kejurnas kali ini tetap mengusulkan untuk memasukkan anggar ke dalam kegiatan ekstrakurikuler di sejumlah sekolah menengah. Alasannya, agar sejak dini, anggar bisa dikenal generasi muda di berbagai daerah.(COK/Muhamad Kemal dan Kurnia Supriatna)
Comments 0
Sign in to post a comment