Pacu Anjing, Hiburan Para Pemburu

on

Liputan6.com, Sawahlunto: Sekelompok pecinta hobi berburu di daerah Sawahlunto, Sumatra Barat, menggelar lomba pacu anjing tradisional, Sabtu (4/12). Anjing-anjing diadu cepat berlari sepanjang lintasan 100 meter.

Sebelum lomba, anjing lebih dahulu beri minuman sehat seperti multivitamin. Tujuannya agar tenaga anjing bisa kuat mengikuti perlombaan. Anjing-anjing kemudian dikenalkan dengan seekor babi yang diletakkan di ujung lintasan atau garis finis.

Begitu bendera start diangkat, anjing-anjing langsung dilepaskan pemiliknya. Dengan sekuat tenaga, anjing berlarian menuju bau babi yang berada di garis finis. Anjing yang sampai finis paling awal adalah pemenangnya.

Pacu anjing digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-122 Kota Sawahlunto. Bagi pemenang disediakan hadiah uang tunai Rp 1 juta.

Bagi pecinta berburu babi, lomba pacu anjing menjadi hiburan alternatif selain berburu babi ke hutan yang biasa dilakukan tiap bulan. Rencananya pacu anjing dijadikan agenda tetap oleh Pemerintah Kota Sawahlunto untuk mendatangkan wisatawan.(JUM)
Suka artikel ini?

0 Comments