Peringkat Rio Haryanto Turun

  • Berita
  • 0
  • 14 Mei 2012 15:24

120514bfoto-rio.jpg
Liputan6.com, Semarang: Peringkat umum pebalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, melorot karena gagal mendapatkan tambahan angka saat tampil pada seri keempat lomba balap mobil GP2 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, akhir pekan kemarin. Juru bicara Rio, Endah Dwi Ekowati, ketika dihubungi dari Semarang, Senin (14/5), mengatakan Rio kini menempati peringkat ke-12 klasemen umum dengan nilai tetap sama yaitu 16.

Pebalap berusia 19 tahun tersebut, kata dia, pada seri keempat di Spanyol hanya menempati posisi ke-16 pada race pertama (feature race) dan naik satu tingkat menjadi 15 pada race kedua (sprint race). Angka yang dikumpulkan Rio tersebut berasal dari hasil seri pertama di Sirkuit Sepang Malaysia (nilai dua) kemudian seri kedua di Bahrain mendapat nilai dua, dan seri ketiga juga di Bahrain mendapat nilai 12.

Rekan Rio di tim Marussia Carlin, Max Chilton dari Inggris menempati peringkat keenam dengan nilai 57 setelah pada seri keempat di Spanyol mendapat tambahan nilai 12. Peringkat pertama masih ditempati pebalap Italia asal tim DAMS Davide Valsecchi dengan nilai 129, peringkat kedua ditempati L Razia dari tim Arden International dengan nilai 104, sedangkan ketiga ditempati James Calado dari tim Lotus GP dengan nilai 69.

Sementara itu, secara tim, Rio dan Max dari Marussia Carlin menempati peringkat keempat dengan nilai 73, sedangkan peringkat pertama ditempati tim DAMS (Davide Valsecchi dan F Nasr) dengan nilai 157.

Seri kelima GP2 Series bakal digelar di Monako pada 24-26 Mei 2012. "Rio tidak pulang dulu ke Indonesia, tetapi dari Spanyol langsung ke Inggris untuk melakukan persiapan di sana kemudian baru ke Monako," katanya.

Kemudian seri keenam di Valencia, Italia, 22-24 Juni 2012. "Rio baru pulang ke Indonesia pada pertengahan Juni kemudian terbang lagi ke Valencia," katanya.(Ant/ADO)