Cina Masih Akan Kuasai Dunia Bulutangkis

  • Berita
  • 0
  • 26 Mei 2012 20:13

120526cuber.jpg
Liputan6.com, Wuhan: Tim bulutangkis Cina masih akan menjadi kekuatan terkuat dunia dalam beberapa tahun ke depan. "Cina saya kira masih menjadi kekuatan utama dunia beberapa tahun ke depan, baik putra maupun putri sehingga negara lain harus bekerja lebih keras untuk mengejar ketinggalan," kata pelatih kepala Tim Thomas Jepang Park Joo Bong.

Jepang yang sudah dilatih Park sejak delapan tahun lalu gagal ke semifinal setelah dihentikan tuan rumah dan juga juara bertahan Cina dengan skor 0-3. Park, pasangan legendaris asal Korea Selatan saat berpasangan dengan Kim Moo Soo pada awal 1980-an, sudah tidak asing bagi penggemar bulutangkis di Tanah Air.

Menurut Park, dalam dua tahun terakhir, tim Thomas maupun Uber Jepang memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan karena berhasil lolos sampai ke babak empat besar. "Saya sudah delapan tahun melatih Jepang. Sekarang kami berhasil mengulangi lolos ke babak empat besar, tapi ternyata itu belum cukup untuk menggusur dominasi Cina," kata Park.

Sementara itu Li Yongbo, pelatih kepala Tim Thomas Cina yang seangkatan dengan Park, mengatakan punya cara tersendiri untuk menciptakan pemain-pemain berbakat sehingga Cina hampir tidak berhenti menghasil pemain kelas dunia. "Saya punya cara sendiri untuk mencetak juara dan itu adalah rahasia saya selama 20 tahun."

"Kalau saya kasih tahu, seluruh dunia akan melakukan hal yang sama," kata Yongbo saat ditanya suksesnya sebagai pelatih. Seperti halnya Park, Li Yongbo juga merupakan pasangan legendaris Cina saat berpasangan Tian Bingyi dan tak asing lagi bagi masyarakat bulutangkis Indonesia karena sudah sering tampil di Istora Senayan Jakarta.(ANT/JUM)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment