Mantan Juara Tinju Margarito Mengundurkan Diri

  • Berita
  • 0
  • 08 Jun 2012 11:24
Liputan6.com, Los Angeles: Antonio Margarito, mantan juara tinju dunia kelas Welter yang dihukum 16 bulan karena ditemukan plester di sarung tinjunya, mundur dari dunia tinju setelah berkecimpung dalam olahraga itu selama 18 tahun. Pria berpaspor Meksiko ini adalah petinju ketiga yang mengundurkan diri di pekan ini, setelah Shane Mosley dan Winky Wright.

Meski masih berkeinginan berduel di atas ring, namun keputusan ini dirasa Margarito tepat. "Setelah berpikir lama dan membicarakannya dengan keluarga dan tim saya. Kami memutuskan sudah tiba saatnya untuk gantung sarung tinju, ketika saya mulai merasa sudah susah berkompetisi pada level yang saya kira sudah susah saya raih" kata Margarito.

Margarito memenangi gelar kelas Welter WBO pada 2002. Kemudian ia memenagkan delapan pertandingan berturut-turut pada kelas itu, sampai akhirnya ia kalah dari petinju Paman Sam, Paul Williams, pada 2007.

Selain itu, Margarito juga menyabet gelar kelas Welter IBF pada 2008 dan Welter WBA di tahun berikutnya. Setelah ia bertanding melawan petinju asal Puerte Rico, Rico Miguel Cotto, juri menemukan plester di dalam sarung tinjunya.

Ia dihukum selama 16 bulan dan setelah itu menang melawan rekan senegaranya Roberto Garcia, kalah dua kali dan kalah angka atas petinju Filipina Manny Pacquiao pada 2010.

"Saya meninggalkan luka-luka, sembab dan keringat, tapi saya tidak meninggalkan kecintaan saya pada olahraga itu. Saya akan tetap meneruskan kiprah saya di tinju tapi dalam bentuk lain." kata Margarito.(ANT/ASW)
Comments 0
Sign in to post a comment